Program Management training for PMU AIPHSS

5 october 2013

Hotel Santika, Jemur Sari – Surabaya: 30 September – 5 Oktober 2013
Dalam rangka pendalaman teknis manajemen AIPHSS, CPMU didukung ISP menyelenggarakan Pelatihan Teknis Manajemen AIPHSS untuk staff PMU yang berlangsung di Surabaya pada tanggal 30 September – 5 Oktober 2013. Pelatihan diikuti kurang lebih 60 peserta yang terdiri dari koordinator PMU, Planning, Monitoring & Evaluation (PME) Officer dan Staff, Finance & Procurement Officer dan staff ditambah dengan Focal Point (Pegawai Dinas Kesehatan bersangkutan yang aktif menangani kegiatan AIPHSS ) dari 2 provinsi: Jawa Timur dan NTT, dan 8 Kabupaten: Bondowoso, Situbondo, Bangkalan, Sampang, Flores Timur, Sumba Bara Daya (SBD), Timor Tengah Utara (TTU) dan Ngada.
Pelatihan ini merupakan lanjutan Orientation Workshop bagi staf PMU yang dilaksanakan sebulan sebelumnya di kota yang sama. Jika orientasi sebelumnya lebih pada pengenalan program, maka pelatihan kali ini lebih bersifat teknis dengan tujuan:
– Mendapatkan masukan (input) dari tim PMU di daerah mengenai pelaksanaan program AIPHSS.
– Mengkaji sejauh mana rencana dan kegiatan tahap awal program AIPHSS berjalan.
– Memberikan pembekalan teknis pengelolaan program (aspek perencanaan, monitoring dan evaluasi, serta Keuangan dan Pengadaan).

01

Koordinator CPMU dan Manajer ISP menyampaikan pengantar pelatihan
Tidak seperti kebanyakan penyelenggaraan pelatihan, lokakarya atau seminar lainnya, dalam pelatihan ini tidak ada acara seremonial. Pelatihan dibuka dengan pengantar maksud dan tujuan pelatihan dari Koordinator CPMU, Budi Perdana didampingi Manajer ISP, Akhmer Akhtar.

02

Presentasi perwakilan DPMU Bondowoso
Pada kesempatan ini juga, masing-masing perwakilan PMU dan Focal Point menyampaikan update perkembangan kegiatan, permasalahan dan tantangan yang dihadapi di masing-masing wilayah kerja.
Untuk sesi pendalaman pembahasan materi, peserta dibagi kelompok sesuai dengan peran & tugasnya.

03

Kelas Koordinator PMU & Focal Point
Materi untuk Koordinator PMU dan Focal Point: Hubungan dengan Pemangku Kepentingan (Stakeholder), Manajemen Sistem, PIM, Sistem Monitoring &Evaluasi, Pelaporan, Manajemen Teknis, Kebijakan Keuangan dan Pengadaan.

04

Kelas PME Officer dan Staff
Materi untuk PME Officer dan Staff: Sistem M&E, Performance Framework, Perangkat Monitoring, Mekanisme Perencanaan dan Pelaksanaan Kegiatan 2014, Evaluasi Kegiatan.

05

Kelas Finance & Procurement Officer dan Staff
Sementara materi untuk Finance & Procurement Officer and Staff, diantaranya: TA Procurement Plan, Prosedur Pengadaan (procurement), Majemen Kontrak, Manajemen Aset, sistem akuntansi

Pelatihan yang difasilitasi nara sumber dari CPMU, ISP dan Coffey International Development menerapkan metode pembelajaran yang menekankan peran serta aktif semua Peserta. Sehingga pelatihan yang berlangsung dari pagi hingga sore selama 6 hari berturut-turut tidak terasa membosankan.

DSC_0117
Burneh-20131001-00501

Gimana mau bosan? Bisa makan Bebek Sinjay Madura yg terkenal itu sambil ngobrol santai dengan rekan2 ….hehe..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s