Pelatihan Strategi Menghadapi Audit Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah – Tanjung (Kab. Tabalong Prov. Kalsel) 16 -17 Juli 2012

16 Juli 2012

Pelatihan Strategi Menghadapi Audit Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah – Tanjung (Kab. Tabalong Prov. Kalsel) 16 -17 Juli 2012

ThomasPM mengucapkan selamat kepada P3I atas terselenggaranya Pelatihan Strategi Menghadapi Audit Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah – Tanjung (Kab. Tabalong Prov. Kalsel) 16 -17 Juli 2012, semoga di kemudian hari makin banyak event2 pengadaan yang diselenggarakan oleh P3I di seluruh pelosok tanah air.

Materi :

  1. Konsep Dasar pengadaan barang/jasa berdasarkan (Perpres 54 Tahun 2010)
  2. Audit terhadap Perencanaan dan Persiapan Pengadaan Barang/Jasa
  3. Audit terhadap Pelaksanaan Pelelangan Umum
  4. Audit terhadap Pelaksanaan Penunjukan Langsung dan Pengadaan Langsung
  5. Audit terhadap Pelaksanaan Kontrak

Brosur yang disampaikan pada bulan Juni 2012

Selamat datang P3I di Kalimantan Selatan

Persiapan menuju Tabalong yang masih 5 jam perjalanan darat dari Bandara

Menu Spesial: Ketupat Kandangan (Ikan Haruan Bakar)

Persiapan pembukaan oleh Pengurus Harian P3I Bapak Agus Kuncoro atau yang sudah dikenal luas dengan nama GusKun

Buku Pengadaan yang ludes dibeli para peserta pelatihan.

Persiapan ruangan menjelang Pembukaan Diklat

Laporan Ketua Panitia Diklat Bapak Husin Anshari

Pembukaan dihadiri oleh Bupati Kab. Tabalong dan Pengurus Harian P3I serta Narasumber dari P3I

Kata Sambutan dari Bupati Kab. Tabalong, Kalimantan Selatan

Plakat P3I

Penyerahan Kenang2an dari P3I kepada Bupati Kab. Tabalong, Kalimantan Selatan

Selamat dan sukses kepada P3I.

P3I : “Your trusted partner in procurement and supply chain management.”

Liputan berita dari P3I

http://www.p3i.or.id/p3i/2012/07/pemkab-tabalog-p3i-gelar-diklat-strategi-menghadapi-audit-pbj/

Menurut data Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) 44% kasus korupsi terkait pengadaan barang/jasa pemerintah. Memperbaiki proses pengadaan akan menekan tingkat korupsi hingga 44%. Tidak ada jalan lain untuk itu selain perbaikan sistem juga peningkatan kapasitas dan integritas pelaksananya.

Dalam beberapa tahun ini terus mengemuka permasalahan-permasalahan pengadaan muncul dari hasil temuan atau pemeriksaan. Pemeriksaan ini dilakukan oleh lembaga-lembaga pemeriksa internal seperti Inspektorat, Badan Pemeriksa Keuangan Pemerintah (BPKP) ataupun pemeriksa eksternal seperti Badan Pemeriksa Keuangan (BPK), Kejaksaan, Kepolisian dan lain-lain.

Temuan atau hasil pemeriksaan terkait pelanggaran dalam pengadaan barang/jasa sering terjadi karena pada praktisi pengadaan tidak memahami mekanisme pengadaan yang benar dan unsur-unsur yang menjadi indikator pelaksanaan pengadaan yang efisien dan efektif.

Dalam rangka itulah kemudian Pemerintah Kabupaten Tabalong bekerjasama dengan Pusat Pengkajian Pengadaan Indonesia (P3I) melaksanakan Diklat Strategi Menghadapi Audit Pengadaan Barang/Jasa bagi praktisi pengadaan dan juga penyedia.

Bupati Kabupaten Tabalong, H. Rachman Ramsyi, yang memberikan sambutan sekaligus membuka diklat ini menyatakan bahwa kegiatan seperti ini sangat penting bagi aparatur pemerintahan yang terlibat dalam pengadaan. “Selama pelaksana pengadaan memiliki pengetahuan yang cukup dalam melakukan pengadaan barang/jasa yang baik dan benar maka pemeriksaan bukanlah sesuatu yang harus ditakuti”, tegas beliau.

Pada kesempatan yang sama Ketua Harian P3I, Agus Kuncoro, mengungkapkan bahwa P3I adalah sebuah lembaga pusat pengkajian pengadaan yang diantaranya berorientasi pada peningkatan kualitas praktisi pengadaan. “Kunci keberhasilan perbaikan sistem pengadaan adalah kompetensi dan integritas, untuk itu bagi P3I menghasilkan praktisi pengadaan yang berkompeten dan berintegritas sangatlah penting”, ujar penulis buku best seller pengadaan “Cara Benar, Mudah dan Jitu Menang Tender Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah” ini.

Berdasarkan laporan ketua panitia, Husin Anshari, diklat dilaksanakan selama 2 hari yaitu tanggal 16 dan 17 Juli 2012 ini. Diikuti oleh 48 orang peserta terdiri dari aparatur pemerintahan yang aktif dalam pengadaan barang jasa. Seperti dari Pemerintah Kabupaten Tabalong, Kabupaten Barito Timur, Kabupaten Kotabaru dan Kabupaten Banjar. Selain itu juga hadir beberapa peserta dari unsur penyedia barang/jasa.

P3I sebagai lembaga yang berorientasi pada kualitas menghadirkan narasumber yang sangat berkompeten dalam bidang pengadaan barang/jasa dan sekaligus juga bidang pemeriksaan atau auditor. Hari pertama diisi oleh Rita Berlis, Ak, senior auditor BPKP, trainer pengadaan sekaligus tim konseptor Perpres 54 tahun 2010. Kemudian hari kedua diisi oleh, Bramantyo, widyaiswara Pusdiklat BPK yang juga pernah aktif sebagai auditor BPKP.

Materi yang disampaikan selama dua hari tersebut adalah sosialisasi pengadaan barang/jasa berdasarkan Perpres 54 Tahun 2010, audit terhadap perencanaan dan persiapan pengadaan barang/jasa, audit terhadap pelaksanaan pelelangan umum, audit terhadap pelaksanaan penunjukan langsung dan pengadaan langsung dan audit terhadap pelaksanaan kontrak.

Diakhir pelatihan tidak sedikit peserta yang menyayangkan waktu pelatihan terlalu singkat. “Materi pelatihan ini sangat aplikatif bagi kami yang aktif dalam pengadaan barang/jasa, banyak permasalahan-permasalahan dalam pelaksanaan yang kami temukan solusinya pada diklat ini,” ujar salah satu peserta.

Agus Kuncoro mengungkapkan bahwa diklat ini hanyalah salah satu dari sekian banyak program P3I sebagai partner bagi seluruh praktisi pengadaan barang/jasa pemerintah dalam menjalankan tugasnya. Pun juga kepada daerah-daerah yang berminat untuk menjadi tuan rumah kegiatan P3I diberikan kesempatan untuk terus berkomunikasi dengan P3I. Baik melalui website P3I http://www.p3i.or.id ataupun melalui kontak trainer pengadaan yang tergabung dalam P3I. “Memang pengadaan bukan segala-galanya, tapi segala hal dalam pelaksanaan pembangunan terkait dengan pengadaan”, ujarnya sebagai penutup.

 

 

One Comment Add yours

  1. husin says:

    Mantap Pak Thomas, semoga ada kesempatan mampir ke tabalong

    ThomasPM:

    Terima kasih Pak Husin atas suksesnya acara yang bapak selenggarakan.
    Semoga segera ada kesempatan dan acara di Tabalong lagi

    Regards,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s