Lowongan Konsultan di Proyek2 ADB , Februari 2011

15 Februari 2011

Masih banyak info Lowongan bagi Konsultan Individu yang berminat di Proyek2 ADB.

Untuk info lebih lanjut, bisa langsung mengunjungi website ADB : http://csrn.adb.org/csrn/publicProjectList.htm#

Jangan lupa, bagi calon konsultan individu ADB, wajib terdaftar dahulu di Consultant Management System (CMS) ADB, untuk mendapatkan nomor ID Consultant.

Berikut daftarnya:

1. LOAN:INO 38117-01 Nutrition Improvement through Community Empowerment: CERTIFIED PUBLIC ACCOUNTANT FIRM FOR THE DEVELOPMENT OF PROJECT FINANCIAL STATEMENTS FOR FINANCIAL AUDIT OF NICE PROJECT, FISCAL YEAR 2010

2. CDTA:INO 44401-01 Preparation of the Forest Investment Strategy: Pool of National Consultants

3. CDTA:INO 43212-01 Strengthening Capacity and Knowledge Management in the National Development Planning Agency to Enhance Projects’ Effectiveness: Project Analyst

4. CDTA:INO 43212-01 Strengthening Capacity and Knowledge Management in the National Development Planning Agency to Enhance Projects’ Effectiveness: Knowledge Management Specialist

5. CDTA:INO 43212-01 Strengthening Capacity and Knowledge Management in the National Development Planning Agency to Enhance Projects’ Effectiveness: Information Technology Specialist

6. CDTA:INO 43212-01 Strengthening Capacity and Knowledge Management in the National Development Planning Agency to Enhance Projects’ Effectiveness: Knowledge Management Specialist

7. CDTA:INO 43212-01 Strengthening Capacity and Knowledge Management in the National Development Planning Agency to Enhance Projects’ Effectiveness: Specialist on Results-Oriented Project Management

8. CDTA:INO 43212-01 Strengthening Capacity and Knowledge Management in the National Development Planning Agency to Enhance Projects’ Effectiveness: Specialist on Results-Oriented Project Management

9. AOTA:INO 42461-01 Social Security Reform and Economic Modeling Capacity Building: Macroeconomist

Benar juga pepatah dari rekan saya yang sudah senior, Di atas langit, masih ada langit.

16 Comments Add yours

  1. Achmad hariri says:

    Aku masih belum begitu mengerti apa yang dimaksud dengan konsultan individu, aku pingin juga bekerja sebagai konsultan individu.

    ThomasPM:

    Terima kasih sudah mampir ke blog saya Pak Hariri,
    Konsultan Individu pada dasarnya sama dengan konsultan lain dimana kita biasa bekerja.
    Hanya di konsultan Individu, kita mewakili diri kita sendiri.
    Syaratnya biasanya minimal 2 : 1. Punya sertifikat Ahli 2. Punya NPWP
    Namun syarat2 lain non administrative yang cukup berat:
    – sebagai konsultan individu kita hanya dibayar secara individu, meski rate lebih besar dari yg lain, namun hampir semua urusan kita kerjakan sendiri, dari mulai survey, mengetik laporan, ngeprint, urusan jilid, distribusi, presentasi laporan, bawa2 infocus dll. Kalo kita pelit untuk berbagi dengan cara mempekerjakan admin/ sekretaris pribadi tentunya harus extra kerja kita untuk hal2 lain yg sepele namun harus tetap dikerjakan
    – sebagai konsultan individu pula, kita harus berlaku sama dengan konsultan badan usaha, yaitu mempunyai working capital atau modal kerja. Tak jarang urusan persetujuan kontrak, penagihan pertama dll, memakan waktu > 2 bulan. Otomatis kita harus sanggup ‘berpuasa’ dulu tidak gajian namun dapur harus tetap ngebul, dan perjalanan dinas tetap dilakukan.
    – sebagai konsultan individu, kita dapat pekerjaan dengan cara proses seleksi kompetitif, otomatis supaya selalu menang saat proses seleksi, mau tak mau pengalaman / CV kita harus lebih dari konsultan lain. Sebagai gambaran, persyaratan minimal biasanya 5 thn, tapi yg mendaftar banyak yg pengalaman di atas 8 thn, jd kita harus bisa mengalahkan yg lain.
    – Konsultan individu akan makin banyak memperoleh proyek, jika bisa menyelesaikan tugasnya dengan baik, tanpa ada konflik dengan pemilik proyek saat akhir tugas, biasanya kekuatan referensi dari mulut ke mulut sangat berpengaruh dalam proses seleksi.

    Mudah2an bisa dijadikan gambaran mengenai apa itu konsultan individu.

    Regards,

    Thomas

  2. sutikno says:

    gimana caranya mendaftar di Consultant Management System (CMS) ADB?

    ThomasPM:

    Silakan langsung ke website CMS ADB.
    Persiapkan dulu file2 dan CV untuk dicopy paste dan di attach.
    Setelah itu daftar dan login sambil mengisi data2 yg diperlukan.
    Untuk lowongan2 yg ada, syarat bisa ikut seleksi adalah konsultan harus memiliki ID CMS ADB

    Link : https://uxdmz06.adb.org/OA_HTML/adb/adbpos/jsp/ADBCMSLogin.jsp

    Selamat mencoba

    Thomas

  3. erwina says:

    pak saya tertarik utk bisa bergabung dlm NGO, Konsultan,dlsb. saya belum mempunyai pengalaman dlm bidang2 tsb apakah saya bisa bergabung.
    apakah ada info utk bisa bergabung menjadi fasilitator dlm bidang pendidikan???
    tks

  4. Risma Niswaty says:

    sy dosen PTN di Makassar, tapi cenderung tertarik dgn kerja2 NGO. Apakah ada aturan yg membatasi dosen u terlibat jd konsultan di program2 or proyek kerja yg dilakukan o NGO. Thanx kalo’ direply, pak.

    ThomasPM,

    Terima kasih Bu Risma atas kunjungannya.
    Sepanjang pengetahuan saya, kesulitannya bukan di bagaimana NGO bisa menerima dosen PTN, namun di bagian bagaimana pihak kampus PTN mengijinkan dosennya untuk bekerja full time beberapa waktu di luar kampus. Seperti jika Dosen PTN menjadi konsultan proyek pemerintah, maka harus mengajukan cuti di luar tanggungan negara. Untuk kasus NGO, birokrasinya tidak seketat di Government, namun tuntutan pekerjaan itu sendiri yang akan menimbulkan kesulitan.
    Hal ini biasanya dikarenakan NGO2 asing yang mebutuhkan jasa konsultan, biasanya mempunyai deadline yang singkat, untuk menghemat biaya. Jadi meskipun rate cukup besar, namun dalam pelaksanaannya sering dikejar2 deadline. Tentunya berakibat jarang adanya lowongan2 yang bersifat part time.
    Memang masing2 profesi butuh fokus dan pengorbanan.
    Akan lebih mudah jika sebagai dosen PTN mengambil kegiatan2 tambahan di NGO untuk hal2 yang lebih bersifat kerjasama program atau riset.
    Karena biasanya bisa dikerjakan secara tidak full time.
    Mudah2an jawaban singkat ini membantu memberikan gambaran bagi Ibu.

    Regards,

    Thomas

  5. Ir. Annuriyanto says:

    Sesuai anjuran Thomas PM : saya tertarik untuk menjadi konsultan individu ADB, tapi bagaimana caranya mendaftar di Consultant Management System (CMS) ADB, untuk mendapatkan ID Consultant?

    Terimaksih atas info dan kerjasamannya

    wassalam

    Annur

    ThomasPM:

    Terima kasih atas kunjungan Pak Annur,
    Berikut link ke CMS nya: https://uxdmz06.adb.org/OA_HTML/adb/adbpos/jsp/ADBCMSLogin.jsp
    Nanti register as Individual Consultant
    Sebaiknya sebelum register, baca FAQ nya dahulu

    Regards,

    Thomas

  6. Bapak Thomas yth,
    saya seorang faslitator kecamatan tertarik untuk ikut mendaftar di CMS, alasannya tak jauh2 untuk mencari tantangan baru dan peningkatan karir serta penghasilan, saya sangat berharap segala informasi dari bapak bisa di share ke email saya, trims sebelumnya.

    ThomasPM:

    Terima kasih atas kunjungan Pak Ibrahim,
    Berkaitan dengan CMS, memang tidak ada salahnya kita mendaftar, karena akan mempermudah kita meng”apply” secara otomatis saat ada lowongan di website ADB.
    Namun perlu Bapak ketahui, biasanya untuk posisi2 lowongan yang dipublikasikan via web ADB adalah untuk posisi Technical Assistance sesuai spesialisasi yang dibutuhkan dan untuk posisi Project Management (Procurement, Monitoring, Program Manager dll).
    Untuk posisi2 Field Consultant, kebanyakan direkrut melalui Konsultan Firm atau Perusahaan.
    Jadi yang dibutuhkan adalah networking sebanyak2nya, upayakan CV kita dalam format standar ADB atau WB dimiliki oleh banyak konsultan yang sering ikut tender2 tersebut.

    Mudah2an tips ini membantu.

    Regards,

    Thomas

    1. terimakasih atas informasi pak Thomas….. ini adalah masukan yang cukup penting bagi saya

      Wassalam
      Asbal

  7. arif says:

    Pak Thomas, info anda sangat membuka wawasan dan mengubah cara berfikir saya mengenai konsultan ataupun pendamping masyarakat. Untuk itu jika ada info mengenai lowongan konsultan pendamping masyarakat atau perekrutan fasilitator (PNP, dll) khususnya di wilayah jawa tengan sudilah kiranya memberikan info tersebut. terimakasih.

    ThomasPM:

    Sebetulnya saya patut berterima kasih, bertemu dengan para Senior Consultant yg sudah malang melintang di jagat konsultan puluhan tahun.
    Mereka sering menantang saya untuk Thinking Out of The Box, jika menghadapi masalah2 yg besar.
    Dan meskipun berat, namun hasilnya akan terasa beberapa tahun kemudian.

    Regards,

    Thomas

  8. anton sujatmiko,SH says:

    saya dari kota lumajang kota kecil jawa timur saya tertarik dengan konsultan pribadi tapi utuk daftar sebagai konsultan dalam web bagaimana caraya terima kasih

    ThomasPM:

    Untuk masuk jd konsultan2 WB atau ADB dll, biasanya memang harus melamar online.
    Kalau baru pertama kali, coba buka alamat aplikasi onlinenya, lalu coba isi yg diminta, dicatat dulu apa2 yg diminta, lalu coba dilengkapi data2 pendukungnya, supaya bisa tinggal copy paste aja.

    Lalu masuk lagi dari awal dan kemudian diisi, soalnya batas waktunya biasanya sebentar, cuma 30 menit, jd harus cepat dan copas2 aja…
    Saya sudah terapkan cara ini dan sdh pernah dipanggil untuk interview di ADB ataupun World Bank.

    Semoga membantu,

    Thomas.

  9. apriadi says:

    assalamualaikum
    saya mau tanya pak masih ada lowongan fasilitator untuk bulan oktober 2011 ke depan
    trims

  10. Ryan Tamboto says:

    saya sebelunya sudah menjadi Konsultann Individual di Dirjen Cipta Karya Satuan Kerja Perencanaan dan Pengendalian Program Infrastruktur Permukiman di Sulawesi Utara selama 2 Tahun…. saya ingin mendaftra sebagai konsultan di ADB…. pertanyaannya saya adalah konsultan database (IT) tapi sepengetahuan saya belum ada sertifikasi keahlian di bidang IT…. prosesnya bagaimana???

    Terimakasih Pak Ryan atas kunjungannya.
    ADB memiliki website khusus untuk memasukkan database CV kita sekaligus mencari info lowongan yang sesuai, kunjungi cms.adb.org

    Berkaitan dengan sertifikasi, perbanyaklah ikut seminar2 IT berskala internasional maupun nasional, sehingga update perkembantan IT terbaru.
    Kumpulkan sertifikat2 pelatihan IT yg diakui secara internasional.
    Ada beberapa sertifikat yg cukup berpengaruh kuat, salah satunya adalah Information Technology Infrastructure Library

    ITIL atau Information Technology Infrastructure Library (Bahasa Inggris, diterjemahkan Pustaka Infrastruktur Teknologi Informasi), adalah suatu rangkaian konsep dan teknik pengelolaan infrastruktur, pengembangan, serta operasi teknologi informasi (TI). ITIL diterbitkan dalam suatu rangkaian buku yang masing-masing membahas suatu topik pengelolaan TI. Nama ITIL dan IT Infrastructure Library merupakan merek dagang terdaftar dari Office of Government Commerce (OGC) Britania Raya. ITIL memberikan deskripsi detail tentang beberapa praktik TI penting dengan daftar cek, tugas, serta prosedur yang menyeluruh yang dapat disesuaikan dengan segala jenis organisasi TI.

    Walaupun dikembangkan sejak dasawarsa 1980-an, penggunaan ITIL baru meluas pada pertengahan 1990-an dengan spesifikasi versi keduanya (ITIL v2) yang paling dikenal dengan dua set bukunya yang berhubungan dengan ITSM (IT Service Management), yaitu Service Delivery (Antar Layanan) dan Service Support (Dukungan Layanan).

    Pada 30 Juni 2007, OGC menerbitkan versi ketiga ITIL (ITIL v3) yang intinya terdiri dari lima bagian dan lebih menekankan pada pengelolaan siklus hidup layanan yang disediakan oleh teknologi informasi. Kelima bagian tersebut adalah:

    Service Strategy
    Service Design
    Service Transition
    Service Operation
    Continual Service Improvement

    Kelima bagian tersebut dikemas dalam bentuk buku, atau biasa disebut sebagai core guidance publications. Setiap buku dalam kelompok utama ini berisi:

    Practice fundamentals – menjelaskan latar belakang tahapan lifecycle serta kontribusinya terhadap pengelolaan layanan TI secara keseluruhan.
    Practice principles – menjelaskan konsep-konsep kebijakan serta tata kelola tahanan lifecycle yang menjadi acuan setiap proses terkait dalam tahapan ini.
    Lifecycle processes and activities – menjelaskan berbagai proses maupun aktivitas yang menjadi kegiatan utama tahapan lifecycle. Misalnya proses financial management dan demand management dalam tahapan Service Strategy.
    Supporting organization structures and roles – proses-proses ITIL tidak akan dapat berjalan dengan baik tanpa defini roles dan responsibilities. Bagian ini menjelaskan semua aspek yang terkait dengan kesiapan model dan struktur organisasi.
    Technology considerations – menjelaskan solusi-solusi otomatisasi atau software ITIL yang dapat digunakan pada tahapan lifecycle, serta persyaratannya.
    Practice Implementation – berisi acuan/panduan bagi organisasi TI yang ingin mengimplementasikan atau yang ingin meningkatkan proses-proses ITIL.
    Complementary guideline – berisi acuan model-model best practice lain selain ITIL yang dapat digunakan sebagai referensi bagian tahapan lifecycle.
    Examples and templates – berisi template maupun contoh-contoh pengaplikasian proses.

    Di samping buku-buku dalam core guidance publications, ada juga complementary guidance. Dimana buku-buku dalam kategori nantinya dimaksudkan untuk memberikan model, acuan dan panduan bagi penerapan ITIL pada sektor-sektor tertentu seperti jenis industri tertentu, tipe organisasi serta arsitektur teknologi. Dengan demikian, ITIL akan dapat lebih diterima serta diadaptasi sesuai dengan lingkungan serta behaviour dari setiap organisasi TI.

    Selamat berjuang..

    Regards,

    Thomas

  11. agung wibowo says:

    Agung, maret 20-2012

    Assalamualaikum
    Sy sejak th,2008 s/d feb 2012 ikut bergabung dg konsultan (rekanan pertamina) & itupun knsltnya beda2, dr mulai konversi s/d verifikasi & uji petik,alhamdulillah sy dpt job, cm sy bag lapangan sih , jd ujung tombak project sebagai tnga verifikator.cuma sma pak, hehe malu aku. saat ini lg nganggur,,,,,,, ada job buat sy ndak pak? hehehe

  12. salam.
    saya Faisal mahyuddin , selama ini bekerja di NGO lokal dan international seperti Surf aid, Genesis, Johanniter dan program2 pemberdayaan dari Pemerintah di Sumatera Barat.,,saat ini saya sedang kosong dan mengisi kesibukan saya tetap melakukan aktifitas di LSM di padang sebagai voleenteur,, saya mohon, kalau ada informasi pekerjaan Pemberdayaan mohon saya di beritahu, disini saya tinggalkan no kontak HP: 08126797531 dan Email: faisalmahyudin71@yahoo.com
    saya juga berdoa,,semoga Bapak tetap sukses selalu. Amien..
    salam
    faisal Mahyuddin

  13. Aswan says:

    Assalamu Alaikum…wr..wb…
    Sy Aswan,.. selama ini bekerja sebagai tenaga Fasilitator kecamatan pada Program PNPM Mandiri Perdesaan, tenaga TAMPr program PPIP, Site Engineer Manager di Kontraktor dan sebagai Profesional Staff di beberapa konsultan Supervisi kualifikasi sertifikasi (HPJI Madya)….terakhir bertugas di Sumbawa prov. NTB,…jika ada lowongan yg cocok utk saya tlng hubungi : HP. 082 187 466 331….terima kasih dan sukses selalu…amien.

  14. samsul arifin says:

    Pengalaman saya sering mendampingi masyarakat dalam organisasi di pedesaan.dan pendampingan di bidang penangulangan hiv aids di pasuruan ,saya pernah ikut lsm ,karang taruna,organisasi religi dll.say butuh kerja dalam bidang pendampingan.no tlp- 085755182224

  15. nia says:

    Salam kenal pak,….
    Saya saiful.dari tahun 2008 s/d Des 2013 saya di program pNPM PISEW,sebagai tenaga teknik lapangan (TtL) di kabupaten sumbawa Barat NTB,jika ada lowongan pemberdayaan di Lombok NTB, mohon infonya ke emil saya Ef_ul00@yahoo.co.id

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s